Dua Cara Ini Bisa Dilakukan Penyandang Disabilitas Agar Bisa Diterima Bekerja

Sebagai hal yang penting dalam hidup semua orang, pekerjaan memang sangat dibutuhkan oleh semua orang, tak terkecuali oleh mereka yang memiliki keterbatasan yayasan disabilitas. Pada penyandang disabilitas juga berhak mendapatkan pekerjaan yang baik dan layak untuk menjadikan kehidupan mereka lebih baik lagi. Untuk itu, adanya pekerjaan yang sesuai dengan para penyandang disabilitas akan sangat dibutuhkan oleh mereka.

Sayangnya, tidak semua pekerjaan yang ada bisa menjadi pekerjaan yang tepat untuk para penyandang disabilitas. Bahkan, beberapa dari mereka merasa sangat kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan. Itulah mengapa saat ini penting untuk memberikan kesempatan pekerjaan yang sama kepada para penyandang disabilitas.

Namun, dalam wawancara pekerjaan, biasanya para pennyandang disabilitas akan merasa kesulitan saat menceritakan mengenai keterbatasan mereka. Padahal, sebenarnya, ada beberapa cara terbaik untuk bisa menjelaskan keterbatasan anda di lingkungan kerja.

– Ceritakan keterbatasan anda dan hak apa yang harus anda terima
Anda harus memberi tahu beberapa orang di tempat kerja tentang kecacatan Anda jika Anda ingin mengakses hak-hak Anda. Tetapi Anda tidak harus memulai pencarian pekerjaan dengan mengungkapkan keterbatasan yang Anda miliki.
Jika memang diperlukan Anda bisa memberikan semua riwayat medis Anda kepada perusahaan, agar perusahaan bisa memberikan fasilitas yang tepat untuk Anda. Sebagai penyandang disabilitas, tentu ada beberapa hak yang harus anda dapatkan dan tentunya ada beberapa fasilitas yang berbeda dengan orang normal lainnya. Maka, anda harus menceritakannya di awal pertemuan.

– Apa yang harus dilakukan ketika semuanya tidak berjalan dengan baik
Anda tentu harus bersikap optimis dengan semua yang anda lakukan, tetapi hal-hal tertentu biasanya tidak selalu berjalan dengan baik. Terkadang, pihak perusahaan juga tidak ingin memberikan fasilitas untuk para penyandang disabilitas karena dianggap sebagai sesuatu yang sia-sia, bahkan bisa merugikan perusahaan. Kemungkinan terburuk yang bisa anda dapatkan adalah kesempatan kerja tersebut hilang begitu saja. Jika hal ini terjadi, maka Anda bisa bergabung ke kumpulan solidaritas para karyawan yang saat ini sudah ada di banyak perusahaan. Dengan begitu, maka anda bisa mendapatkan hak anda dengan maksimal.

Jika Anda menghadapi diskriminasi di tempat kerja karena cacat mental atau fisik, penting untuk diingat ada organisasi di luar sana yang dapat membantu. Carilah berbagai sumber tentang hak apa yang bisa anda terima dan anda juga harus mendapatkan dukungan dari orang lain.

Pada saat yang sama, jika Anda telah diwawancarai untuk suatu pekerjaan tetapi tidak berhasil, itu bisa menjadi pengalaman yang terbaik untuk anda di masa mendatang. hal ini tentu akan menjadi keuntungan tersendiri untuk anda di kesempatan pekerjaan berikutnya.